Selasa, 13 September 2011

definisi politik


Kurnia imam muttqin
NPM: 1116021054
Jurusan ilmu pemerintahan

Definisi ilmu politik.
Ilmu Politik merupakan Ilmu yang mempelajari Politik, untuk mengetahui lebih lanjut maka perlulah diketahui definisi Politik itu sendiri, yaitu:
1. Politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik (atau negara) yang menyangkut proses menetukan tujuan-tujuan dari sistem tersebut dan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut.
2. Politik menyangkut “who gets what, when, and how”
3. Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masayarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.
Politik dipandang semata-mata  sebagai salah satu cabang dari ilmu-ilmu sosial yang memiliki dasar ,rangka, fokus,dan ruang lingkup yang jelas, maka dapat dikatakan bahwa ilmu politik masih muda usianya karna baru lahir pada abad ke-19.
Pada tahap itu ilmu politik brkembang pesat brdampingan dengan cabang-cabang ilmu sosial lainya seperti sosiologi, antropologi, ekonomi, dan pisikologi, dan dalam perkembangan ini mereka saling mempengaruhi.
Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.
Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar